• Pembelajaran PKn Dengan Media Film dan Video
  • Pengertian Pendekatan Konstruktivisme
  • Karakteristik Pendekatan CTL
Rabu, 11 Juli 2012

Pembelajaran PKn Dengan Media Film dan Video

guru sd maju bersama
Dalam proses pembelajaran di sekolah, seorang guru harus bertindak kreatif dan inovatif untuk mentransfer ilmu kepada siswa. Tindakan kreatif dan inovatif itu berupa penggunaan pendekatan, metode, model dan media pembelajaran yang bervariasi. Dalam penggunaan media pembelajaran yang bervariasi, seorang guru dapat memanfaatkan media di sekitar. Selain itu seorang guru juga harus bisa menghubungkan media pembelajaran yang digunakan dengan pelajaran maupun materi pembelajaran yang diajarkan. Salah satu penggunaan media yang dapat digunakan guru dalam proses pembelajaran di kelas adalah menggunakan media film dan video dalam pembelajaran PKn.
Pembelajaran PKn dengan menggunakan film dan video merupakan pembelajaran yang didahului dengan mengamati film atau video yang berhubungan dengan materi pembelajaran PKn di SD. Pengamatan siswa terhadap film atau video yang disajikan akan menumbuhkan rasa ingin tahu siswa sehinggga nantinya seorang guru akan mudah memberikan pertanyaan yang berhubungan dengan materi pembelajaran. Setelah itu, peserta didik dibagi menjadi beberapa kelompok untuk mendiskusikan soal berupa masalah yang diberikan guru yang ada kaitannya dengan peristiwa/cerita yang terdapat dalam film atau video yang telah disajikan oleh guru. Untuk melihat sejauh mana pemahaman peserta didik terhadap materi yang telah disampaikan guru dengan mempergunakan film atau video (media audio visual), maka guru meminta beberapa orang peserta didik untuk bermain peran ke depan kelas sesuai dengan skenario yang telah diberikan guru sebelumnya. Skenario bermain peran tersebut masih ada hubungannya dengan materi yang baru dipelajari peserta didik. Dengan bermain peran, siswa juga dapat mengalami secara langsung nilai-nilai dari materi pembelajaran yang disampaikan. Hal ini tidak terlepas dari tujuan pembelajaran PKn yang lebih menonjolkan aspek afektif dalam tujuan pembelajaran.
Menurut Basuki (1992:75), pembelajaran dengan menggunakan media, disini medianya adalah film dan video dan mata pelajarannya adalah PKn, dilakukan dengan langkah-langkah sebagai berikut:
1)   Persiapan
a)    Mempelajari dan menyiapkan media pembelajaran (film/video) tentang materi PKn yang akan dipelajari
b)   Menyampaikan tujuan pembelajaran yang berhubungan dengan materi pembelajaran PKn yang akan dipelajari
c)    Membangkitkan skemata yang ada kaitannya dengan materi PKn yang akan dipelajari
d)   Mengatur tatanan media dan posisi tempat duduk peserta didik.
2)   Pelaksanaan (penyajian)
a)    Mengamati pemutaran film atau video yang berhubungan dengan materi pembelajaran PKn
b)   Tanya-jawab mengenai film atau video yang telah disajikan
c)    Menceritakan film atau video secara ringkas.
3)   Tindak Lanjut
a)    Berdiskusi kelompok tentang film atau video yang telah disajikan
b)   Melaporkan hasil diskusi.
Pada tahap tindak lanjut ini kita dapat menambahkan langkah-langkah berupa bermaia peran pada kegiatan pembelajaran. Penambahan kegiatan bermain peran ini merupakan langkah kreatif dan inovatif yang dilakukan seorang guru untuk memperdalam pemahaman siswa tentang materi pembelajaran PKn yang telah disampaikan.
Daftar Rujukan
Basuki Wibawa dan Farida Mukti. 1991/1992. Media Pengajaran. Jakarta: Depdikbud.
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Pembelajaran PKn Dengan Media Film dan Video; Ditulis oleh Mashindra Prisma Saputra; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar: