• Pembelajaran PKn Dengan Media Film dan Video
  • Pengertian Pendekatan Konstruktivisme
  • Karakteristik Pendekatan CTL
Sabtu, 28 April 2012

Karekteristik Pembelajaran Konstruktivisme

Karakteristik Konstruktivisme
Pendekatan konstruktivisme mempunyai beberapa karakteristik. Adapun karakteristik pendekatan konstruktivisme menurut Paul (1997:69) yang menyatakan bahwa pembelajaran konstruktivisme adalah:
1) Orientasi ialah peserta didik diberi kesempatan untuk mengembangkan motivasi dalam mempelajari suatu topik; 2) Elicitasi ialah membantu peserta didik untuk mengungkapkan idenya secara jelas; 3) Retrukturisasi ide terdiri dari klarifikasi ide, membangun ide yang baru, mengevaluasi ide yang baru, mengevaluasi ide baru dengan eksperimen; 4) Penggunaan ide dalam banyak situasi; 5) Review adalah bagaimana ide itu berubah.
Dari karakteristik pendekatan konstruktivisme jelaslah bahwa dalam pembelajaran konstruksi dapat terlaksana, karena dalam pembelajaran konstruksi peserta didik dapat membina pengetahuannya dari pengalaman di lingkungan, sehingga peserta didik dapat memahami akan lingkungan sekitarnya.

DAFTAR PUSTAKA
Paul Suparno. 1997. Filsafat Konstruktivisme dalam Pendidikan. Yogyakarta: Kanisius
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Karekteristik Pembelajaran Konstruktivisme; Ditulis oleh Mashindra Prisma Saputra; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar: