• Pembelajaran PKn Dengan Media Film dan Video
  • Pengertian Pendekatan Konstruktivisme
  • Karakteristik Pendekatan CTL
Kamis, 03 Mei 2012

Menanamkan karakter pada siswa SD melalui Dongeng

Menanamkan Karakter Melalui Dongeng
          Saya teringat waktu kuliah dulu, yaitu waktu Praktek mengajar (PPL) pada semester VIII dan Praktek Mengajar PLPG. Hahaha. . . .  Kalau diingat-ingat lucu juga ya. . . . Semua teman-teman saya sibuk mencari dongeng untuk mengintegrasikan ke RPP Tematik. Ada meminjam buku dongeng anak-anak di sekitar Asrama kita,ada yang sibuk ke warnet,sampai-sampai ada yang mengarang sebuah dongeng. Dongeng tersebut kita gunakan dalam proses pembelajaran untuk menanamkan karakter pada siswa. Waktu itu saya menggunakan dongeng di bawah ini:

SEMUT DAN BELALANG
          Pada siang hari di akhir musim gugur, satu keluarga semut yang telah bekerja keras sepanjang musim panas untuk mengumpulkan makanan, mengeringkan butiran-butiran gandum yang telah merekakumpulkan selama musim panas. Saat itu seekor belalang yang kelaparan, dengan sebuah biola di tangannya datang dan memohon dengan sangat agar keluarga semut itu memberikan sedikit makan untuk dirinya.
          "Apa!" teriak sang Semut dengan terkejut, "tidakkah kamu telah mengumpulkan dan menyiapkan makanan untuk musim dingin yang akan datang ini? Selama ini apa saja yang kamu lakukan sepanjang musim panas?"
          "Saya tidak mempunyai waktu untuk mengumpulkan makanan," keluh sang Belalang; "Saya sangat sibuk membuat lagu, dan sebelum saya sadari, musim panas pun telah berlalu."
Semut tersebut kemudian mengangkat bahunya karena merasa gusar.
           "Membuat lagu katamu ya?" kata sang Semut, "Baiklah, sekarang setelah lagu tersebut telah kamu selesaikan pada musim panas, sekarang saatnya kamu menari!" Kemudian semut-semut tersebut membalikkan badan dan melanjutkan pekerjaan mereka tanpa memperdulikan sang Belalang lagi.
 Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk bermain.
Pada saat saya bercerita, siswa saya sangat serius mendengarkan cerita saya. Senang sekali rasanya kita dapat memanage kelas seperti ini, apalagi saya waktu itu mahasiswa yang praktek. Setelah itu saya melakukan tanya jawab seputar dongeng yang saya ceritakan. Yang terakhir saya menanamkan nilai-nilai sebelum saya masuk ke pelajaran PKn, yaitu dengan menanamkan karakter kepada siswa berupa nilai dari dongeng " Semut dan Belalang" yaitu "Ada saatnya untuk bekerja dan ada saatnya untuk bermain".
Jika berkenan, mohon bantuannya untuk memberi vote Google + untuk halaman ini dengan cara mengklik tombol G+ di samping. Jika akun Google anda sedang login, hanya dengan sekali klik voting sudah selesai. Terima kasih atas bantuannya.
Judul: Menanamkan karakter pada siswa SD melalui Dongeng; Ditulis oleh Mashindra Prisma Saputra; Rating Blog: 5 dari 5

Tidak ada komentar: