Pengertian CTL |
Menurut Nasar (2006:109) ”CTL adalah
suatu pendekatan pembelajaran yang menekankan kepada proses keterlibatan siswa
secara penuh untuk dapat menemukan kaitan antara materi yang dipelajari dengan
kehidupan siswa, sehingga mendorong siswa untuk dapat menerapkan dalam
kehidupan mereka”.
Pendekatan pembelajaran lebih dipentingkan daripada hasil belajar. Oleh
sebab itu hasil pembelajaran diharapkan lebih bermakna bagi siswa. Proses
pembelajaran berlangsung secara alamiah dalam bentuk kegiatan siswa bekerja dan
mengalami, bukan transfer pengetahuan dari guru ke siswa.
Selain itu Johnson (2008:65) menyatakan bahwa ”Pendekatan CTL merupakan
suatu proses pendidikan yang bertujuan membantu siswa melihat makna dalam
pelajaran yang mereka pelajari dengan cara menghubungkan dengan konteks
kehidupan sehari-hari”.
Dari pengertian yang diuraikan, dapat disimpulkan bahwa pendekatan CTL menghadirkan
situasi dunia nyata dalam kelas dan membantu siswa menghubungkan materi yang
mereka pelajari dengan kehidupan sehari-hari. Sehingga menghasilkan
pembelajaran yang lebih bermakna,
serta menekankan keterlibatan siswa dalam pembelajaran siswa secara penuh.
DAFTAR RUJUKAN
Johnson, Elain, B. 2008. Contextual Teaching
and Learning: what it is and why it’s here to stay. Bandung: MLC
Nasar. 2006. Merancang
Pembelajaran Aktif dan Kontekstual Berdasarkan SISKO 2006. Jakarta:
Grasindo
Tidak ada komentar:
Posting Komentar